Selasa, 25 September 2012

Mengapa Ekonomi Makro Muncul???

TUGAS
EKONOMI MAKRO


                                DISUSUN OLEH
                                NAMA   : M. AS’AD FIRDAUS
                                NIM        : F0111044






FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011
·       Mengapa ekonomi makro itu muncul ?


                          Perkembangan teori ekonomi makro muncul dalam tahun 1929-1932 hal ini dikarenakan kemerosotan ekonomi di amerika serikat. Periode itu dinamakan Great Depression.  Kemunduran ekonomi itu pun meluas ke seluruh dunia dari negara-negara industri hingga negara-negara miskin. Kemunduran ekonomi tersebut menimbulkan kesadaran kepada ahli-ahli ekonomi bahwa mekanisme pasar tidak dapat secara otomatis menimbulkan pertumbuhan ekonomi yang teguh dan tingkat penganguran yang penuh.
                          John maynard keynes dalam bukunya yang berjudul The General Theory of Employment,interest and money yang akhirnya menjadi landasan kepada teori makroekonomi, menjelaskan faktor utama yang akan menentukan prestasi kegiatan ekonomi suatu negara. Keynes berpendapat pengeluaran agregat yaitu perbelanjaan masyarakat ke atas barang dan jasa adalah faktor utama yang menentukan tingkat kegiatan ekonomi yang dicapai suatu negara.
                    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam memenuhi kebutuhan yang relatif tidak terbatas dengan menggunakan sumber daya yang terbatas dan masing-masing sumber daya mempunyai alternatif penggunaannya.
                    Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi secara keseluruhan, antara lain : pendapatan nasional, kesempatan kerja, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi,dll. Ilmu ekonomi makro mempelaajari masalah-masalah utama ekonomi sebagai berikut :

Ø  Sejauh mana berbagai sumber daya yang telah di mamfaatkan dalam kegiatan ekonomi. Apabila seluruh sumberdaya telah dimanfaatkan, keadaan ini disebut full employment. Sebaliknya bila masih ada sumberdaya yang belum dimanfaatkan berarti perekonomian dalam keadaan under employment, atau terdapat penganguran/belum berada pada posisi kesempatan kerja penuh.
Ø  Sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil khususnya stabilitas di bidang moneter. Apabila uang cenderung menurun dalam jangka panjang berarti terjadi inflasi, sebaliknya terjadi deflasi.

Jadi mengapa ekonomi makro muncul adalah karena :

  1. Karena pada tahun 1929  terjadi kemunduran ekonomi di seluruh dunia, yang bermula dari kemerosotan ekonomi di Amerika Serikat. Pada saat itu terjadi kemerosotan pendapatan nasional dan banyaknya pengangguran.
  2. untuk menanggulangi masalah-masalah ekonomi seperti kemiskinan dan pengangguran.
  3. Makro ekonomi membahas isu-isu penting yang selalu dihadapi suatu perkonomian.
  4. Untuk melengkapi atau menerangkan hal hal/pertanyaan yang tidak dapat diterangkan dalam teori ekomomi mikro seperti :
    • Faktor-faktor yang menentukan tingkat kegiatan ekonomi suatu negara dalam periode tertentu.
    • Mengapa setiap negara menghadapi masalah penganguran yang adakalanya semakin buruk keadaannya.
    • Mengapa berbagai perekonomian tidak mengalami pertumbuhan yang sama cepatnya.




DAFTAR PUSTAKA

  • Sukirno, Sadono . 2006 . Teori Pengantar Makroekonomi . jakarta : Raja Grafindo Persada.