Selasa, 25 September 2012

Pengertian Bisnis

  TUGAS
   PENGANTAR BISNIS



                                       Nama    : M. As’ad Firdaus
                                       Nim      :  F0111044
                                       Jurusan :  Ekonomi Pembangunan





                                  

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011


PRESEPSI TENTANG BISNIS




  • Semua manusia mempunyai kebutuhan yang serba beraneka dan kebutuhan ini harus dipenuhi, yaitu antara lain seperti kebutuhan akan pakaian, makanan, dan tempat tinggal. Mulai dari yang berjenis mewah hingga yang biasa-biasa saja. Kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas yang dapat dipuaskan dengan uang yang dimilikinya. Manusia mencari uang kemudian ia habiskan untuk membeli barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Semua kebutuhan manusia tersebut dipenuhi melalui kegiatan yang bernama bisnis. “ Salah satu tujuan utama bisnis adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia” ( Alma, 2010 )


  • Suatu organisasi atau suatu perusahaan seperti perusahaan makanan yang menyediakan beraneka macam makanan, dan perusahaan penerbangan yang menyediakan jasa penerbangan disebagai suatu bisnis karena kedua perusahaan tersebut menyediakan barang ataupun jasa guna mendapatkan keuntungan sebagai balasan dari barang dan jasa yang telah disediakan. "Bisnis adalah suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk mendapaatkan keuntungan” ( Grifin, 2006 )


  • Semua orang atau individu maupun kelompok melakukan kegiatan bisnis pastinya untuk mencari keuntungan agar kebutuhan hidup nya terpenuhi. Tidak ada orang yang melakukan bisnis untuk mencari kerugian. “ Bisnis adalah kegiatan untuk memperoleh keuntungan” ( Sukirno, 2010 )




  • Peraturan Mentri Pertahanan nomor 22 tahun 2009 menjelaskan tentang “ Pelaksanaan pengambilan aktivitas bisnis Tentara Nasional Indonesia” yang isi pasalnya antara lain aktivitas bisinis TNI adalah setiap usaha komersil yang dimiliki dan dikelola langsung oleh TNI. Aktivitas bisnis yang dikelola TNI secara langsung dilakukan dalam bentuk badan usaha PT maupun CV. “Bisnis adalah suatu badan hokum yang menghasilkan barang atau jasa ”  (Madura, 2001 )


  • Suatu perusahaan seperti perusahaan PERTAMINA atau PTPN adalah suatu perusahaan yang mengekploitasi sumberdaya alam yang ada di bumi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contohnya saja PT PERTAMINA yang mengurusi segala macam minyak dan gas alam yang ada di Indonesia dengan upaya memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia dan juga untuk mencari keuntungan. “ Bisnis suatu organisasi produksi yang memanfaatkan dan mengkoordinir sumber alam untuk memuaskan kebutuhan dan mencari keuntungan ” ( Swastha, 2002 )


  • Seorang petani menghasilkan atau memproduksi barang berupa beras, sedangkan penjahit memberikan jasa berupa hasil jahitannya, dan seorang nelayan yang menghasilkan tangkapan ikan di laut. Ketiga profesi tersebut sama sama menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa, dan memiliki keterkaitan satu sama lain seperti nelayan membutuhkan beras untuk dimakan dan pakaian untuk di gunakan, demikian juga dengan seorang penjahit yang memerlukan beras dan ikan untuk dimakan. Jadi hubungan sosial diantara ketiga profesi diatas saling membutuhkan satu sama lainnya maka disebut sebagai suatu bisnis. “ Bisnis adalah proses social yang dilakukan oleh setiap individu maupun kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoloeh manfaat atau keuntungan ” ( Kismono, 2001 )


DAFTAR PUSTAKA

·         Alma Buchari. 2010. Pengantar Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta
·         Griffin, Ebert.R. 2006. Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga
·         Kismono, Gugup. 2001. Bisnis Pengantar. Yogyakarta: Penerbit BPFE
·         Madura Jeff. 2001. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria
·         Sukirno, Sadorno. 2010. Pengantar Bisnis. Jakarta : Rajawali Pers
·         Swashta, Sukotjo.I. 2002. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty Yogyakarta